Senin, 06 Mei 2013

Cara Membuat Roti Cane dan Roti Jala Paling Mantap Khas Aceh


Masih dari Aceh, setelah sebelumnya membuat Kue Bingkang kali ini akan kita bagikan dua resep special sekaligus. Masih dengan menu-menu kue tradisional yang lain dan pastinya ga kalah dengan menu-menu special lainnya. Dua resep yang akan dibagikan yaitu Roti Cane dan Roti Jala. Roti Cane atau bisa juga disebut dengan Roti Canai sebenarnya berasal dari India yang juga terkenal di Malaysia yang juga diproduksi oleh orang india. sedangkan Roti Jala pun ternyata merupakan santapan yang berasal dari India yang juga diproduksi untuk memenuhi kebutuhan di Malaysia.

Namun roti cane dan roti jala yang ada di aceh tentunya berbeda dari negeri asalnya sana, berbeda dari cara pengolahan dan pembuatan, serta bumbu-bumbu kuah pelengkapnya yang dipenuhi oleh rempah-rempah khas daerah aceh. Hal ini menyebabkan perbedaan rasa yang begitu tajam oleh bumbu-bumbu rempahnya, dan juga aroma yang dikeluarkannya pun tajam dengan aroma kuah kari rempahnya.

Nah buat anda yang pernah ke India atau malaysia yang juga sudah mencicipi kedua makanan ini, namun malah belum sempat menikmati yang asli Aceh. Berikut ini akan dibagikan resep specialnya tentunya dengan cara pembuatan dan baan-bahan yang mudah di temukan. Nah jika anda sudah tidak sabar segera saja simak resepnya di Cara Membuat Roti Cane dan Roti Jala Paling Mantap Khas Aceh.

Cara Membuat Roti Cane dan Roti Jala


1. Roti Cane

Bahan Roti Cane :
  • 750 gram tepung terigu dengan kandungan protein tinggi
  • 250 ml air
  • 1 sendok teh garam
  • 350 gram minyak samin atau bisa gunakan margarin, dicairkan.

Cara membuat nya :
  1. Campurkan tepung terigu bersama air serta garam, aduklah campuran bahan tersebut sampai kalis. Bagilah adonan menjadi 10 bagian, lalu buatlah menjadi bentuk bulat-bulat dari adonan tersebut. Olesilah adonan dengan menggunakan minyak samin atau bisa diganti dengan margarin, lalu diamkanlah adonan selama 25 menit.
  2. Tipiskan adonan tadi,lalu olesilah lagi permukaan adonan dengan menggunakan minyak samin. gulung-gulunglah adonan hingga berbentuk memanjang, selanjutnya bentuklag adonan melingkar. Diamkan lagi adonan selama 25 menit
  3. Pipihkan adonan lalu masaklah diatas teflon/wajan datar dengan menggunakan api kecil hingga roti matang.

Cara Membuat Roti Cane dan Roti Jala


2. Roti Jala

Bahan roti jala :
  • 2 butir telur ayam di kocok
  • 400 gram tepung terigu dengan kandungan protein sedang
  • 1/2 liter air 
  • 3 sendok makan margarin, dilelehkan.

Cara membuatnya :
  1. Campurkan telur bersama tepung terigu, lalu tuangi dengan air. Aduk-aduk hingga adonan licin dan jangan sampai ada tepung yang menggumpal. Tambahkan margarin yang telah dilelehkan aduk kembali hingga rata.
  2. Masukkan adonan kedalam plastik segitiga, guntinglah dibagian ujungnya. Tekan hingga adonan keluar dan bentuklah menjadi berbentuk jala. Selanjutnya masaklah di atas wajan untuk mendadar yang sudah dipanaskan. Biarkan beberapa saat hingga matang, lalu angkat.
  3. Lipat roti jala seperti membuat amplop atau sesuai selera, sajikan dengan kari ayam.
Nah jadi sudah dua resep special khas Aceh. Selamat mencoba dan berkreasi.

0 comments:

Posting Komentar

Breaking News
Loading...
Quick Message
Press Esc to close
Copyright © 2014 Collection Recipes All Right Reserved